Minggu, 03 Agustus 2008

kuncinya adalah motivasi


Yang namanya pekerjaan, tidak ada habisnya. Satu pekerjaan selesai, pekerjaan berikutnya menyusul. Lalu bagaimana kita menyikapi pekerjaan?

Energi yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan adalah pikiran, tenaga, dan motivasi. Ada pekerjaan yang lebih memerlukan pikiran dibanding tenaga dan ada pula yang lebih memerlukan tenaga dibanding pikiran, tetapi apapun pekerjaannya diperlukan energi motivasi cukup banyak untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sukses atau gagal tergantung pada bagaimana kita menyikapi motivasi kita atas pekerjaan yang harus diselesaikan. Keberhasilan akan jauh lebih mudah untuk diraih dengan berpegang pada prinsip: Apapun yang tangan Anda temukan untuk dikerjakan, kerjakan dengan sebaik mungkin.


Jika prinsip ini diterapkan maka dalam prosesnya manusia akan mengalami banyak pembelajaran penting untuk kemajuan dalam kehidupan.
Untuk itu, satu prinsip terpenting yang harus digarisbawahi adalah: motivasi. Semakin positif motivasi kita, semakin tinggi semangat kita. Sedangkan dua hal sebelumnya, yaitu pikiran dan tenaga, adalah modal utama yang tergantung pada sifat pekerjaan kita.

Sukses kita dalam menyelesaikan pekerjaan tergantung pada motivasi. Jika motivasi kita mayoritas dari dalam diri, bersifat internal, maka tergantung pada kita sendiri apakah akan bekerja dengan baik atau tidak. Tetapi jika motivasi kita mayoritas dari luar, dari dorongan orang lain, maka tergantung pada seberapa mahir kemampuan orang lain dalam menyemangati kita dalam bekerja.

Sangat penting bahwa motivasi itu berasal dari diri kita sendiri, bahwa pekerjaan itu harus diselesaikan sebaik mungkin dengan disiplin tingkat tinggi karena itulah cara terbaik untuk meraih kemajuan dalam kehidupan.

Umumnya pekerjaan itu dipandang sebagai beban yang berat. Tetapi jika pekerjaan dipandang sebagai beban yang berat, maka akan sedikit pekerjaan yang berhasil kita selesaikan. Cara yang lebih baik adalah memandang pekerjaan sebagai hobi, kenikmatan, kesenangan, dan ibadah. Semakin baik motivasi kita tentang pekerjaan bernilai tinggi yang menjadi tanggungjawab kita, semakin besar energi yang kita miliki untuk mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Meraih sukses dimulai dari motivasi. Berhentilah sejenak, dan pikirkan mengapa sangat penting bahwa Anda melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan proyek yang saat ini menjadi tanggungjawab Anda. Apa motivasi utama Anda dibalik pekerjaan yang harus Anda selesaikan?


Tingkatkan kualitas dari motivasi Anda, maka secara otomatis kualitas dari hasil pekerjaan Anda juga meningkat. Mengapa? Karena seberapa besar energi pikiran dan usaha yang Anda keluarkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik sangat tergantung pada bagaimana dan apa motivasi Anda.

Belajar untuk selalu menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin akan meningkatkan kemampuan dalam meraih prestasi. Anda memandang bahwa bekerja bukan hanya sekadar untuk memperoleh uang, tetapi juga merupakan proses pembelajaran untuk menjadi manusia yang lebih baik. Anda berpegang teguh pada prinsip peningkatan kualitas hidup secara konstan dan berkesinambungan. Jepang menjadi negara maju karena secara konsisten terus meningkatkan kualitas.

Energi Anda akan menjadi berlipat ganda jika memandang pekerjaan sebagai ibadah, bahwa sebenarnya tanggungjawab Anda adalah pada Tuhan yang telah memberi Anda kesempatan berupa kehidupan di muka bumi ini. Dan Tuhan melihat pikiran, hati, roh dan jiwa Anda.
Relaksasi itu penting. Saat pekerjaan begitu mendominasi pikiran Anda. Berhentilah sejenak untuk melihat pekerjaan Anda dari perspektif yang lebih baik. Relaksasi adalah proses untuk melihat pekerjaan dalam pandangan yang lebih baik, sehingga Anda memiliki energi yang lebih besar untuk menyelesaikannya dengan kualitas hasil yang lebih baik.Kembangkan cara-cara untuk selalu meningkatkan diri dalam menggunakan waktu. Tingkatkan kecepatan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa mengurangi kualitas hasil.

Energi utama Anda berasal dari motivasi di dalam diri. Semakin berkualitas motivasi Anda, maka semakin akurat pendekatan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, dan hasilnya tentu akan lebih baik.

Hasil adalah indikasi tentang motivasi Anda. Jika motivasi Anda adalah untuk melayani, untuk memberi, untuk meningkatkan kualitas hidup bagi diri sendiri dan sesama manusia, maka Anda akan terhindar dari masalah yang menghantui banyak orang: Kekurangan energi dan kreativitas untuk meningkatkan kualitas hidup.

Indahnya kehidupan adalah saat kita berhasil melakukan sesuatu yang berguna untuk meningkatkan kualitas hidup, untuk diri sendiri sekaligus sesama manusia.
Dan pembeda terbesar yang menentukan sukses atau gagal adalah apa yang kita berikan, bukan apa yang kita dapatkan. Semakin akurat tingkat pemahaman kita bahwa sebenarnya dengan memberilah kita akan semakin berhasil, maka semakin tinggi tingkat keberhasilan kita.
Usaha-usaha untuk memperoleh keberhasilan dengan cara-cara yang merugikan orang lain sangat jelas terlihat pada apa yang memotivasi seseorang. Tapi sebenarnya siapa pun yang merugikan orang lain, ia sedang merugikan diri sendiri. Tuhan sudah menetapkan bahwa kita hanya memanen apa yang kita tanam.

Panenan kebaikan yang melimpah hanya terjadi jika kita dengan tekun menanam kebaikan, pada diri sendiri dan orang lain.
Apa yang tanam, itu yang dia panen. Jika manusia menanam padi, tentu ia akan memanen padi. Kita sendiri yang menentukan apa yang kelak kita panen. Jika Anda berharap untuk memanen keberhasilan dengan lebih cepat, maka mulailah menanam pohon-pohon keberhasilan hari ini juga.

Nikmati pekerjaan Anda. Pandang pekerjaan sebagai ibadah. Selesaikan pekerjakan bernilai tambah tinggi dalam cara terbaik. Berikan yang terbaik. Satu prinsip ini memiliki kekuatan untuk mengubah kehidupan Anda secara spektakuler, jika Anda menerapkan secara konsisten.

Tidak ada komentar: